Jumat, 31 Juli 2015

Ciptakanlah Mimpimu !!



Zaman dahulu, seorang mahasiswa pernah bertanya kepada Albert Einstein tentang apa yang membuat dia bisa hebat dan terkenal. Lalu apa jawaban sang legenda ?? Beginilah jawabnya :

"Begini nak, manusia hidup di dunia ini laksana lebah yang hidup dalam sangkarnya. Dari sekian banyak lebah yang hidup itu, hanya beberapa ekor saja yang menyadari dirinya hidup dalam sangkar tersebut ! "

Jawaban sang legenda tersebut merupakan suatu perumpamaan yang sangat dalam dan luar biasa maknanya, sebab ungkapan tersebut menjelaskan pada kita bahwa tidak semua orang di dunia ini sadar bahwa kita sedang menjalani roda kehidupan di dunia ini. Mayoritas seringkali terlena dengan rutinitas, sehingga sampai melupakan makna hidup sesungguhnya. Untuk apa sebenarnya tujuan hidup yang begitu singkat ini ?? Semua peristiwa - peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitarnya dan di depan matanya, berlalu begitu saja. Tidak pernah ada pelajaran yang diupayakan untuk diambilnya, bahkan untuk berfikir saja tidak. Seolah semuanya hanya sekadar kejadian yang biasa saja dan memang sudah seharusnya begitu, tanpa harus dipertanyakan begini begitu, bak air yang mengalir begitu saja. Semua datar tanpa makna ...

Saudaraku, tidak bisa kita pungkiri bahwa diri kita memang harus banyak berfikir. Berfikir terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Berfikir apa makna dibalik kehidupan yang kita jalani hingga detik ini. Serta yang tak kalah penting adalah berfikir tentang apa impian - impian kita dalam menjalani kehidupan kita yang singkat ini ? Kehidupan yang datar - datar saja justru akan memberikan dampak negatif kepada kita. Karena bukan tidak mungkin, lantaran kita bosan menjalani rutinitas sehari - hari kita tanpa tahu maknanya, kita malah justru melakukan hal - hal negatif yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Dengan kata lain, hidup kita TIDAK PRODUKTIF !!

Kira - kira apa makna hidup kita di dunia ini ? Pernahkan terbersit dalam fikiran kita, peran apa yang seharusnya kita jalankan sebagai seorang manusia yang berpijak di atas bumi ini ? Apakah pernah kita merasa bahwa kita mengemban tugas sebagai seorang manusia ? Atau justru kita tidak merasa ada apa - apa di muka bumi ini ? Sekadar menjalankan rutinitas dan tugas harian ? Jangan - jangan kita tidak sanggup untuk menjawabnya, atau bahkan boleh jadi hal tersebut tidak pernah terlintas sama sekali dalam fikiran kita....

Hmmm, memang seberapa urgent sih kita harus punya mimpi ? Kalau menurut saya pribadi, levelnya bukan "harus" lagi, tapi WAJIB. Tentu saja mimpi yang tidak hanya sekadar khayalan, namun mimpi yang menjadikan hidup kita terus bergairah untuk mencapainya. Bukankah Allah pernah berfirman dalam Al-Qur'an, "Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Aku perkenankan bagimu."  ( Q.S Al - Mukmin : 60 )

Saudaraku sekalian, ingatkah kita akan kejadian - kejadian ini :

Nabi NUH belum tahu banjir akan datang manakala ia membuat kapal besar dan ditertawai kaumnya...

Nabi IBRAHIM belum tahu akan tersedia domba manakala ia akan menyembelih buah hatinya...

Nabi MUSA belum tahu bahwa laut akan terbelah manakala ia diperintahkan memukulkan tongkatnya ...

Nabi MUHAMMAD S.A.W pun belum tahu jika Madinah adalah kota tersebarnya ajaran yang dibawanya manakala beliau diperintahkan untuk hijrah...

Yang mereka tahu adalah bahwa mereka harus patuh pada apa yang diperintahkan Allah SWT dan tanpa berhenti berharap yang terbaik. Ternyata dibalik ketidak tahuan kita, Allah telah menyiapkan surprise yang tidak kita duga - duga. Biasanya tangan - tangan Allah bekerja di detik - detik terakhir dalam usaha hambanya. So, NEVER GIVE UP AND MAKE BETTER FOR THE BEST !!!

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu yang buruk, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui " ( Q.S Al - Baqarah : 216 )

:)

~Catatan dan Pesan Blackberry Professor, dengan beberapa pengubahan~
#Semangat Menggapai Impian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar